• Senin, 16 Mei 2022

Siti Latifah Herawati Diah Muncul di Google Doodle, Siapa Dia ?

- Minggu, 3 April 2022 | 15:44 WIB
Siti Latifah Herawati Diah, sosok yang tampil di Google Doodle Indonesia hari ini, 3 April 2022.  (tamiangsatu.com/Pikiran-Rakyat/Google Doodle)
Siti Latifah Herawati Diah, sosok yang tampil di Google Doodle Indonesia hari ini, 3 April 2022. (tamiangsatu.com/Pikiran-Rakyat/Google Doodle)

TAMIANGSATU.COMSiti Latifah Herawati Diah hari ini, Minggu (3/4/2022) muncul di Google Doodle. Kemunculan wanita berprofesi wartawan di google doodle tepat pada hari jadi ke 105 Siti Latifah Herwati Diah.

Sebagai jurnalis terkemuka, Siti Latifah Herawati Diah juga berjasa memperkenalkan Indonesia kepada dunia.

Siti Latifah Herawati Diah juga mendirikan The Indonesian Observer yang menjadi surat kabar berbahasa Inggris pertama di Indonesia, ini dia profilnya Siti Latifah Herawati Diah,

Dikutip tamiangsatu.com dari Pikiran-Rakyat.com dengan judul, “Profil Siti Latifah Herawati Diah, Jurnalis Perempuan Indonesia yang Menjadi Google Doodle Hari Ini”, Siti Latifah Herawati Diah adalah jurnalis terkemuka di tanah air yang telah banyak berjasa dalam memperkenalkan Indonesia kepada dunia.

Baca : Charles : Wawancara “Bangku Kosong” Nazwa Kreatifitas Jurnalis, Pelaporan Polisi Lebay

Pada tahun 1955, Siti Latifah Herawati Diah ikut mendirikan The Indonesian Observer yang menjadi surat kabar berbahasa Inggris pertama di Indonesia. Surat kabar tersebut menjadi satu-satunya media berbahasa Inggris selama lebih dari satu dekade. Surat kabar ini menampung aspirasi masyarakat dan kesulitan bangsa yang baru merdeka.

Herawati juga pernah menjadi redaktur Harian Merdeka, serta pendiri dan pemimpin redaksi Majalah Keluarga pada tahun 1953 hingga 1997. Sebelum menekuni profesi wartawan, Herawati sudah aktif dalam berbagai organisasi pelajar dan wanita sejak zaman kolonial hingga kemerdekaan.

Herawati Diah juga dikenal sangat peduli dengan hak-hak perempuan. Ia mendirikan beberapa organisasi perempuan, termasuk Gerakan Pemberdayaan Suara Perempuan, yang memobilisasi perempuan Indonesia untuk memilih.

Siti Latifah Herawati Diah, sosok yang tampil di Google Doodle Indonesia hari ini, 3 April 2022. (tamiangsatu.com/Pikiran-Rakyat/Google Doodle)
Selain merayakan ulang tahun Herawati Diah, Google Doodle hari ini juga merayakan warisan Herawati dan jalan yang dia buka untuk perempuan di Indonesia.

Halaman:

Editor: Muhammad Nasir

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Link Pengumuman SPAN-PTKIN 2022

Kamis, 14 April 2022 | 17:08 WIB

AHY Bertemu Surya Paloh, Ada Apa ?

Selasa, 29 Maret 2022 | 14:35 WIB

Terpopuler

X