• Selasa, 9 Agustus 2022

Logo Halal Baru Mirip Wayang, Logo Negara Lain Jelas Tulisan Halal

- Minggu, 13 Maret 2022 | 17:45 WIB
Komentari Logo Halal Baru Kemenag, Ustadz Felix Siauw: Kasian Banget Para Pengusaha
Komentari Logo Halal Baru Kemenag, Ustadz Felix Siauw: Kasian Banget Para Pengusaha

TAMIANGSATU.COM [ JAKARTA - Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan label halal baru yang berlaku secara nasional. Logo halal kali ini mirip wayang dan tidak jelas tulisan halalnya dalam bahasa arab.

Logo halal yang baru ini tampak berbeda dengan dengan desain logo sertifikasi halal negara lain. Kata 'halal' yang ditulis dengan khat kufi berbentuk wayang inilah yang membedakan dengan desain logo-logo halal di negara lain

Anggota DPRI RI, Ace Hasan Syadzily menyoal logo halal baru yang dikeluarkan Kementerian Agama  karena baginya tulisan Arab mengandung kata 'halal' jenis tulisan itu dalam kaligrafi Arab termasuk dalam kategori khat kufi.

Baca : Ulama Pantai Barat Aceh Akan Gelar Muzakarah, Ini yang Dibahas

Dikuti tamiangsatu.com dari detik.com, penetapan label halal tersebut dituangkan dalam Keputusan Kepala BPJPH Nomor 40 Tahun 2022 tentang Penetapan Label Halal. Surat Keputusan tersebut ditetapkan di Jakarta pada Kamis (10/2), yang ditandatangani oleh Kepala BPJPH, Muhammad Aqil Irham, dan berlaku efektif terhitung sejak 1 Maret 2022.

Aqil menilai penetapan label halal untuk melaksanakan ketentuan Pasal 37 Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH). Pasal itu berisi kewajiban BPJPH menetapkan logo halal.

Aqil Irham menjelaskan Label Halal Indonesia secara filosofi mengadaptasi nilai-nilai keindonesiaan. Bentuk dan corak yang digunakan merupakan artefak-artefak budaya yang memiliki ciri khas yang unik berkarakter kuat dan merepresentasikan Halal Indonesia.

Baca : Gedung BLK Banda Aceh Terbakar, Akan Digunakan Untuk Pesta Perkawinan

"Bentuk Label Halal Indonesia terdiri atas dua objek, yaitu bentuk Gunungan dan motif Surjan atau Lurik Gunungan pada wayang kulit yang berbentuk limas, lancip ke atas. Ini melambangkan kehidupan manusia," kata Aqil.

Halaman:

Editor: Muhammad Nasir

Sumber: Detik News

Tags

Terkini

1 Ton Bansos Ditemukan Terkubur Dilahan Milik Warga

Selasa, 2 Agustus 2022 | 21:38 WIB

Begini Profil Pendiri Google Sergey Brin

Selasa, 26 Juli 2022 | 21:24 WIB

Waspada! Ini Penyebab dan Gejala Kanker Prostat

Jumat, 22 Juli 2022 | 08:41 WIB

Terpopuler

X