• Selasa, 9 Agustus 2022

BPBD Aceh Tamiang Bentuk Relawan Tiga Kampung Tangguh, Ini Alasannya

- Rabu, 29 Juni 2022 | 18:06 WIB
BPBD Aceh Tamiang gelar pelatihan relawan tangguh di workshop BPBD setempat. Rabu (29/6/2022) (tamiangsatu.com/muhammad nasir)
BPBD Aceh Tamiang gelar pelatihan relawan tangguh di workshop BPBD setempat. Rabu (29/6/2022) (tamiangsatu.com/muhammad nasir)

TAMIANGSATU.COM [ KARANG BARUBPBD Aceh Tamiang membentuk tiga relawan kampung tangguh untuk empat kampung di tiga Kecamatan Karang Baru.

Dalam upaya penanggulangan bencana berbasis masyarakat desa yang tangguh dalam menghadapi bencana.

Empat kampung tersebut yakni, Kampung Tanah Terban Kecamatan Karang Baru, Kampung Landuh Kecamatan Rantau dan Kampung Sriwijaya Kecamatan Kota Kualasimpang

Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Pemadam Kebakaran, Syahrial mewakili Kalak BPBD Aceh Tamiang, Iman Suheri pada pembukaan pembentukan relawan kampung tangguh di workshop BPBD setempat, Rabu (29/6/2022) mengatakan, kegiatan ini adalah program penanggulangan bencana berbasis masyarakat desa yang tangguh dalam menghadapi bencana.

Baca : BPBD Aceh Tamiang Gelar Pelatihan Penanggulangan Bencana

“Tim relawan nantinya menjadi perpanjangan tangan BPBD Aceh Tamiang di kampung – kampung dalam segala jenis bencana,” ujarnya

Dijelaskan Syahrial, tim relawan kampung tangguh bencana adalah warga masyarakat setempat yang bersedia mengabdi secara iklas memberikan waktu, tenaga, pemikiran bahkan asset, serta rela berkorban tanpa pamrih tidak digaji atau diberikan imbalan, diusulkan serta dipilih masyarakat berdasarkan kualitas sifat kemanusiaan dan moralitasnya.

Karenanya, tim relawan Kampung Tangguh Bencana harus berjiwa Ikhlas, berprikemanusiaan, jujur, adil, kesetaraan dan kebersamaan, untuk tercapainya tujuan dan sasaran penanggulangan segala jenis bencana yakni, bencana alam, bencana non alam dan bencana sosial.

Karenanya, tim relawan juga harus berkriteria, dikenal, dipercaya masyarakat, berdedikasi tinggi kepada masyarakat serta lingkungan, dapat berkomunikasi dengan baik, mampu memfasilitasi aspirasi warga, dan mengenal wilayah kampungnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Nasir

Sumber: tamiangsatu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Universitas Syiah Kuala Peringkat 11 Nasional

Kamis, 14 Juli 2022 | 14:57 WIB

Profil Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto

Kamis, 14 Juli 2022 | 13:30 WIB

Profil  Haili Yoga Penjabat Bupati Bener Meriah

Kamis, 14 Juli 2022 | 10:36 WIB

Lima Penjabat Bupati di Aceh Dilantik Hari Ini

Kamis, 14 Juli 2022 | 10:05 WIB

Terpopuler

X