• Senin, 16 Mei 2022

BNN Gagalkan Penyuludupan Sabu-sabu  255,96 Kilogram, Asal Dari Segitiga Emas

- Kamis, 7 April 2022 | 15:51 WIB
Badan Narkotika Nasional (BNN) merilis pengungkapan dua kasus penyelundupan narkotika dengan barang bukti 255.96 Kilogram sabu-sabu dan mengamankan lima tersangka dalam konferensi pers. Kamis (7/4/2022) (tamiangsatu.com/BNN RI)
Badan Narkotika Nasional (BNN) merilis pengungkapan dua kasus penyelundupan narkotika dengan barang bukti 255.96 Kilogram sabu-sabu dan mengamankan lima tersangka dalam konferensi pers. Kamis (7/4/2022) (tamiangsatu.com/BNN RI)

TAMIANGSATU.COM Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN-RI) menggagalkan penyuludupan sabu-sabu sebanyak 255,96 kilogram dalam kemasan the china asal wilayah segitiga emas.

Wilayah segitiga emas (Golden Triangle ) yakni pedalaman Myanmar, Thailand, dan Laos merupakan pusat produksi berbagai jenis narkotika di Asia Tenggara.

“Minggu pertama bulan suci Ramadhan, kami mengungkap dua kasus besar penyelundupan narkotika dengan total tersangka  lima orang dan barang bukti yang disita mencapai 255,96 kg sabu-sabu,” ujar Kepala BNN RI Petrus Reinhard Golose dalam konferensi pers yang diselenggarakan, Kamis (7/4/2022)

Tambah Golose, berdasarkan bungkus yang digunakan, serta hasil pemeriksaan laboratorium BNN RI, sabu-sabu selundupan tersebut berasal dari sindikat Golden Triangle (Segitiga Emas). Ciri khas dari bungkus sabu-sabu milik Golden Triangle menggunakan bungkus teh China.

Lanjut Kepala BNN, Golden Triangle merupakan kawasan Segitiga Emas yang menjadi pusat produksi berbagai jenis narkotika di Asia Tenggara dan berlokasi di wilayah pedalaman dan pegunungan di utara Myanmar, Thailand, dan Laos.

Baca : Polda Sumut Gagalkan Peredaran 99 Kg Sabu, Empat Pelaku Dibekuk, Dua Diantaranya Warga Aceh

Dikutip tamiangsatu.com dari antaranews.com Kamis (7/4/2022)  Golose juga mengungkapkan bahwa kedua kasus besar tersebut berasal dari Provinsi Aceh, dengan kasus pertama berlokasi di Kabupaten Aceh Timur dan kasus kedua berlokasi di Kabupaten Bireun.

Terkait dengan kasus pertama, BNN berhasil mengungkap 203,99 kg sabu-sabu di Aceh Timur pada 14 Maret 2022 sekitar pukul 02.26 WIB.

Dalam pengungkapan ini, BNN bekerja sama dengan Bea Cukai membentuk tim gabungan untuk melakukan patroli laut dan memeriksa sebuah kapal oskadon (kapal nelayan) yang melintas di perairan Idi, Aceh Timur, Aceh.

Halaman:

Editor: Muhammad Nasir

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Tubuh

Sabtu, 2 April 2022 | 17:09 WIB

Terpopuler

X