• Selasa, 9 Agustus 2022

Presiden Jokowi Bertemu Vladimir Putin, Tegaskan Konflik Antara Ukraina-Rusia Harus Diselesaikan Secara Damai

- Jumat, 1 Juli 2022 | 17:06 WIB
Presiden Jokowi bersama Presiden Putin usai memberikan keterangan pers bersama di Istana Kremlin, Moskow / Foto : Setkab (Yaya Suryana)
Presiden Jokowi bersama Presiden Putin usai memberikan keterangan pers bersama di Istana Kremlin, Moskow / Foto : Setkab (Yaya Suryana)

TAMIANGSATU.COM  – Bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tegaskanpenyelesaian konflik antara Ukraina-Rusia harus segera dilakukan untuk mencapai kata damai.

Jokowi bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin membawa pesan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky dalam pertemuan sebelumnya dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky secara terpisah di Ukaraina.

Presiden Jokowi mengadakan perteman dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky secara terpisah guna untuk mewujudkan perdamaian antara kedua negara tersebut.

“Isu perdamaian dan kemanusiaan selalu menjadi prioritas politik luar negeri Indonesia. Konstitusi Indonesia mengamanatkan agar Indonesia selalu berusaha berkontribusi bagi terciptanya perdamaian dunia. Dalam konteks inilah, saya melakukan kunjungan ke Kyiv dan ke Moskow,” ujar Presiden Jokowi dalam pernyataan pers bersama dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis, 30 Juni 2022.

Baca : Bismillah, Jokowi Naik Kereta Api Menuju Ukraina, Jalankan Misi Perdamaian

Presiden Jokowi pun menegaskan bahwa penyelesaian konflik antara Ukraina-Rusia harus segera dilakukan untuk mencapai kata damai.

Oleh karena itu, dalam kunjungannya ke Rusia dan Ukraina, Presiden Jokowi pun menyampaikan niat baiknya agar dapat menjadi jembatan komunikasi antara Presiden Vladimir Putin dengan Presiden Volodymyr Zelensky.

“Saya telah menyampaikan pesan Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara kedua pemimpin tersebut,” imbuh Presiden Jokowi dikutip tamiangsatu.com dari pikiran-rakyat.com “Beda Suasana Jokowi Bertemu Vladimir Putin dan Volodymyr Zelensky, Jadi Sorotan Dunia”

Pertemuan Jokowi dengan dua kepala negara yang sedang berkonflik tersebut membuat media-media Internasional pun berbondong-bondong menyajikan berita tentang pertemuan Presiden Jokowi dengan kedua Presiden nagara yang tengah berkonflik itu, Rusia-Ukraina.

Halaman:

Editor: Muhammad Nasir

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X